EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PANTOMIM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020

Reni Dwi Susanti, PBSI (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PANTOMIM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_RENI_DWI_SUSANTI.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada (1) perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi yang diajarkan menggunakan media video pantomim dengan pembelajaran yang diajarkan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jetis Bantul. (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pantomim dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan control group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G yang berjunlah 60 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah melakukan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik simpulan yaitu: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi antara peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan video pantomim dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan media gambar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol. Kelas eskperimen memperoleh nilai rata-rata 81,90 sedangkan kelas kontrol 57,17 (2) Pembelajaran menggunakan media video pantomim terbukti efektif dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Dapat dilihat dari uji-t yang menunjukkan t-hitung 12,051 dengan sig 0,000 sehingga lebih kecil dari taraf signifikan yang ditetapkan yaitu 5% atau 0,05 berarti Ho ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Video Pantomim, Menulis Teks Deskripsi
Subjects: Pendidikan
Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:50
Last Modified: 16 Mar 2022 06:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3390

Actions (login required)

View Item View Item