PENINGKATAN MENULIS KARANGAN TEKS NARASI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI MTs DARUSSALAM YOGYAKARTA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURI BURHANI ZAKIAH, 13144800105, PBSI (2020) PENINGKATAN MENULIS KARANGAN TEKS NARASI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI MTs DARUSSALAM YOGYAKARTA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2019/2020. PBSI, Uiversitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_NURI_BURHANI _ZAKIAH.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Peningkatan Menulis Karangan Teks Narasi Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di MTs Darussalam Yogyakarta Kelas VII Tahun Pelajaran 2019. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta ditulis oleh NURI BURHANI ZAKIAH. Tujuan penulisan skripsi ini adalah: (1) untuk memperbaiki kualitas pembelajaran kususnya keterampilan menulis narasi melalui model pemmbelajaran kontruktivisme pada siswa kelas VII MTs Darussalam. (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pemmbelajaran kontruktivisme pada siswa kelas VII MTs Darussalam. Fokus peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana guru dalam menerapkan metode untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis, (2) untuk mengetahui hambatan guru dalam menerapkan metode kontruktivisme. Penulisan skripsi ini menggunakan metode PTK atau (classroom action rearch) karena penelitian ini untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kemis dan Mc Taggar. (dalam Pardejono, dkk. 2007:2), pelaksanaan tindakan kelas (PTK) menggunakan empat komponen penelitian dalam setiap langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi),dengan lokasi penelitian MTs Darussalam Yogkyakarta, pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumetasi kepala sekolah, guru serta siswa.keabsahan data dilkukan dengan dengan cara trigulasi sumber, sebab pada peneliti ini data yang diperoleh akan di kumpulkan dan mengetahui keberannya. Teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduplikasi data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan tindakan didasarkan pada hasil pratindakan yang menenujukan siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga hanya mendapat persentase 18%. Selanjutnya masuk pada siklus I siswa udah terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mendaptkan persentase 53%. Pada siklus II meningkatan lebih maksimal dengan persentase 76%. Berdasarkan hasil tersebut, model pembelajaran kontruktivisme telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi di MTs Darussalam Yogyakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peningkatan, menulis narasi, kontruktivisme
Subjects: Pendidikan
Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:41
Last Modified: 16 Mar 2022 06:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item