EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Yuni Winarti, 14144800016 (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAMPING KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YUNI_WINARTI.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan antara hasil pembelajaran menulis teks berita yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media puzzle berbasis multimedia interatif dan (2) untuk mengetahui keefektifan menggunakan media puzzle berbasis multimedia interatif dalam pembelajaran menulis teks berita. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gamping tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode quesi eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Variable dalam penelitian ini ada sua yaitu variabel bebas berupa penggunaan media puzzle berbasis multimedia interatif dan variabel terikat berupa menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. Penentuan sampel dalam populasi ini menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan terknik tersebut diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes uraian sebanyak satu soal dengan materi pembelajaran menulis teks berita. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reabilitas instrument Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini diperoleh hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) atau p value. Pada kasus dalam penelitian ini nilai p value sebesar 0,047 di mana < 0,05. Karena lebih besar dari 0,05 maka terdapat perbedaan antara kelas yang diajarkan dengan dengan media puzzle berbasis multimedia inteaktif dan kelas yag diajarkan menggunakan media konvensional. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest kelompok kontrol diperoleh niali rata-rata sebesar 47,66, pretest kelompok eksperimen sebesar 51,72, posttest kelompok eksperimen sebesar 80,00 dan posttest kelompok kontrol sebesar 73,13. Berdasarkan hasil skor rata-rata pretest dan posttest dapat dismimpulkan bahwa kelompok eksperimen yang melaksanakan pembelajaran yang menggunakan media puzzle berbasis multimedia interaktif lebih efektif dibandingkan menggunakan media konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media PembelajaranBerbasis Multimedia interaktif, MenulisTeks Berita.
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:35
Last Modified: 16 Mar 2022 06:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item