LARAS WULAN PUTRI NARIMAH, PBSI (2020) ANALISIS MAKNA, GAYA BAHASA, DAN PESAN-PESAN PADA LIRIK LAGU DALAM ALBUM SEPOTONG EPISODE KARYA ADEN-EDCOUSTIC. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL_LARAS_WULAN.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna, gaya bahasa, dan pesan-pesan yang terdapat pada lirik lagu dalam album Sepotong Episode karya Aden-Edcoustic. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menganalisis makna, gaya bahasa, dan pesan-pesan pada lirik lagu dalam album Sepotong Episode karya Aden-Edcoutic dengan teknik analisis teks yaitu dengan cara membaca dan mendengarkan lirik lagu tersebut. Setelah menganalisis, kemudian peneliti meneliti makna, gaya bahasa, dan pesan-pesan yang terdapat dalam album Sepotong Episode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa makna yang terdapat pada lirik lagu dalam album Sepotong Episode karya Aden Edcoustic kebanyakan dari lirik lagu tersebut mengandung makna religius atau mengandung unsur keagamaan. Dari segi gaya bahasa, gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu dalam album Sepotong Episode karya Aden Edcoustic yaitu gaya bahasa asonansi dan literasi. Adapun gaya bahasa yang lain seperti hiperbola, personifikasi, eufemismus, pleonasme, antonomasia, simile hanya beberapa saja dan tidak banyak seperti asonansi dan aliterasi.Dari segi pesan-pesan, pesan yang terkandung pada lirik lagu tersebut yaitu pesan taubat dan pesan untuk selalu bersukur. Dalam pesan pada lirik lagu dalam album Sepotong Episode selalu berbalut dengan pesan kebaikan sesuai dengan tema lagu yaitu religi walaupun tidak terlalu mencolok.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makna, gaya bahasa, dan pesan-pesan |
Subjects: | Pendidikan Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 06:28 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 06:28 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3378 |
Actions (login required)
View Item |