HUBUNGAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I SLEMAN

Irma Awandari Sulistyowati, PBSI (2020) HUBUNGAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I SLEMAN. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_IRMA_AWANDARI.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah I Sleman Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah I Sleman yang berjumlah 77 orang. Peneliti memutuskan untuk mengambil sampel sebanyak 53 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan 1 kelas lainnya sejumlah 24 digunakan sebagai uji coba instrument. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis koefisien korelasi product moment dengan taraf kemaknaan, yaitu 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara minat baca dan kemampuan membaca pemahaman sebesar 0,811 atau dengan keeratan hubungan yang “Kuat/Tinggi”. Sedangkan untuk nilai hitung t dengan taraf kemaknaan sebesar 5% menunjukkan angka 9,9349 berarti lebih besar dari nilai tabel t (0,67933). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah I Sleman tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: minat baca, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Pendidikan
Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:25
Last Modified: 16 Mar 2022 06:25
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item