Indriani Annisa, PBSI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MOYUDAN SLEMAN. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL_INDRIANI_ANNISA.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek judul melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman 2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek identifikasi melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman 3) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek deskripsi melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman 4) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek penutup melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman dan 5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi dalam aspek penggunaan bahasa melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskripsi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan teknik Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sampel yang terpilih, yaitu kelas VII D yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes unjuk kerja (menulis deskripsi) yang dilakukan terhadap siswa dengan cara siswa diberikan LKS (lembar kerja Siswa) kemudian siswa menulis teks deskripsi dengan memperhatikan aspek judul, identifikasi, deskripsi, penutup, dan penggunaan bahasa. Keseluruhan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis teks deskripsi melalui media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Moyudan Sleman berada pada kategori cukup mampu dengan perolehan nilai secara keseluruhan 76 %. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari seluruh sampel, yaitu 32 siswa, tidak seorangpun siswa yang memperoleh nilai sangat mampu dengan rentang skor 76 sampai 100, yang memperoleh nilai mampu adalah 16 orang yang memperoleh nilai cukup mampu adalah 16. Dengan demikian disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 1 Moyudan Sleman cukup mampu menulis teks deskripsi. Oleh karena itu penulis menyarankan hendaknya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mencari strategi pembelajaran lain seperti cooperative learning dengan kreasi yang berbeda guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Menulis Teks Deskripsi, Media Gambar |
Subjects: | Pendidikan Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 06:23 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 06:23 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3376 |
Actions (login required)
View Item |