EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO MOTIVASI “DAN JIKA AKU GAGAL” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SEWON TAHUN AJARAN 2019/2020

Rita Yuniarti, PBSI, UPY (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO MOTIVASI “DAN JIKA AKU GAGAL” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SEWON TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-RITA-YUNIARTI.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media video motivasi “Dan Jika Aku Gagal” dengansiswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media video motivasi “Dan Jika Aku Gagal”. (2) untuk menguji keefektifan media video motivasi “Dan Jika Aku Gagal” dalam kemampuanmenulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sewon. Sampel Penelitian adalah siswa kelas VIII G dan kelas VIII E yang berjumlah 62 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media video motivasi lebih efektif dari penggunaan model pembelajaran konvensional. (1) dilihat dari nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 76,77 sedangkan kelas kontrol 53,39. (2) Selain berhasil, penggunaan media video motivasi juga berhasil di dalam proses pembelajaran keterampilan menulis puisi, dilihat dari uji-t yang menunjukkan t-hitung= 4, 322 dengan nilai sig=0,000 sehingga lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan (5% atau 0,05) berarti H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan pengaruh penggunaan media video motivasi dengan pembelajaran konvensional ditinjau keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sewon

Item Type: Article
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:47
Last Modified: 16 Mar 2022 05:47
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item View Item