EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI SERIAL PADDLE POP “KRISTAL NALURI SINGA” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Rayza Ramadhan Sartono Putra, PBSI, UPY (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI SERIAL PADDLE POP “KRISTAL NALURI SINGA” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-RAYZA-RAMADHAN-SARTONO.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan media film animasi dengan model pembelajaran konvensional terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII D dan kelas VII F di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.(2) dengan adanya media film animasi dalam materi cerita fantasi memberikan semangat belajar siswa untuk lebih memahami suatu materi yang diberikan agar pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sampel Penelitian adalah siswa kelas VII D dan kelas VII F yang berjumlah 60 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media film animasi lebih efektif dari penggunaan model pembelajaran konvensional. (1) dilihat dari nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 78,39 sedangkan kelas kontrol 58,08. (2) Selain berhasil, penggunaan media film animasi juga berhasil di dalam proses pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi, dilihat dari uji-t yang menunjukkan t-hitung=11,245 dengan nilai sig=0,000 sehingga lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan (5% atau 0,05) berarti H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan pengaruh penggunaan media film animasi dengan pembelajaran konvensional ditinjau keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Film Animasi, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:30
Last Modified: 16 Mar 2022 05:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item