EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN, SLOGAN DAN POSTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Pranestiya Firasanti, PBSI (2018) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN, SLOGAN DAN POSTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PRANESTIYA_FIRASANTI.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan menulis iklan, slogan dan poster siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement (STAD) dan pembelajaran konvensional untuk mengetahui lebih efektif mana antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Divisions Achievement (STAD) dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis iklan, slogan dan poster. Penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sedayu Bantul tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling yaitu siswa kelas VIII D dan siswa kelas VIII F SMP N 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 59 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol dilakukan secara di undi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskripsi yaitu uji t (t-test) dengan taraf sihnifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan menulis iklan, slogan dan poster siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t prestasi kemampuan menulis siswa dengan nilai sig 0,001 dan 0,002 atau sig < 0,05 dengan nilai t 13.167 dan 13.143. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis iklan, slogan dan poster. Hal ini diketahui dari hasil nilai post-test dengan jumlah rata-rata 80.3333 dari kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan jumlah rata-rata 54.3103 dari kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan tingkat ketuntasan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) 86,67% lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional yang nilai siswanya belum ada yang tuntas. adanya perbedaan peningkatan nilai prestasi kemampuan menulis dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan tentang pemakaian model pembelajaran yang sesuai dengan karakterisitik siswa sehingga diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran dan tercapai prestasi pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Divisions (STAD), Menulis Iklan, Slogan dan Poster
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:20
Last Modified: 16 Mar 2022 05:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item