EFEKTIVITAS MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGRI 16 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Raden Rara Sri Andriani, NIM.14144800008 (2019) EFEKTIVITAS MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGRI 16 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-RADEN-RARA-SRIANDRIANI.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan model NHT dan tanpa menggunakan model NHT pada siswa kelas VIII SMP 16 Negeri Yogyakarta. (2) Keefektifan model NHT dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP 16 Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pretest- Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 16 Negeri Yogyakarta. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan VIII B sebagai kelompok kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan tes menulis puisi. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach, hail perhitungan menunjukan reliabilitas sebesar 0,943 dan teknik analisis data yang digunakan merupakan uji-t Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menulis puisi yang diajar menggunakan model NHT dan yang diajar tanpa menggunakan model NHT. Perbedaan tersebut terbukti dari hasil uji-t yang dilakukan pada skor post test antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen yang telah dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 21. Berdasarkan perhitungan diperoleh Perbedaan pembelajaran menulis puisi tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t posttest kelompok kontrol dan posttest kelompok eksperimen, yaitu Hasil Hasil analisis uji-t diperoleh dengan melihat nilai Sig (2-tailed) atau p value. Pada kasus di atas nilai p value sebesar 0,000 di mana < 0,05. Karena < 0,05 maka terdapat perbedaan antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan model NHT dan kelas konvensional. Pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Yogyakarta dengan menggunakan model NHT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model NHT. Hal ini terbukti dari hasil perbandingan uji-t pada skor pretest dan post test kelompok kontrol dengan skor pretest dan post test kelompok eksperimen yang dilakukan program SPSS versi 21. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata data posttest. Posttest kelompok eksperimen sebesar 19,29, dan posttest kelompok kontrol sebesar 14,59. Berdasarkan hasil skor rata-rata pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen yang melaksanakan pembelajaran yang menggunakan model NHT lebih efektif dibandingkan menggunakan media konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keefektivan, model NHT, kemampuan menulis puisi, siswa SMP
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:14
Last Modified: 16 Mar 2022 05:14
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item