EFEKTIVITAS METODE 6 M DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII MTS AL-QODIR CANGKRINGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

PALUPI AYUNING TYAS, NIM.13144800057 (2019) EFEKTIVITAS METODE 6 M DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII MTS AL-QODIR CANGKRINGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-PALUPI-AYUNING-TYAS.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest—posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan metode 6 M dan variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS AL-Qodir Cangkringan Sleman. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis puisi. Penghitungan independent sample test dalam nilai pretes menunjukkan bahwa nilai thitung 1.129, jika dibandingkan dengan ttabel dengan derajat kebebasan 48 dan taraf signifikanya 5% adalah 1.998 yang berarti thitung < ttabel. Maka tidak ada perbedaan sebelum mengajar menggunakan metode 6 M. Kemudian, hasil nilai postes menunjukan bahwa thitung 3.191, jika dibandingkan dengan ttabel dengan derajat kebebasan 48 dan taraf signifikanya 5% adalah 1.998 yang berarti thitung > ttabel. Maka ada perbedaan dari penggunaan metode 6 M. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang signifikan antara siswa kelas VII MTS AL-Qodir Cangkringan Sleman yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode 6 M, dengan siswa yang mengikuti pembelajaran mengguunakan metode konvensional. Perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,191 dengan db 48 dan p sebesar 0,002. Nilai thitung lebih besar dari ttabel pada db 48 dan taraf signifikansi 5% (3,191>1,998). (2) Pembelajaran menulis puisi yang menggunakan metode 6 M lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan metode 6 M. Hal ini dibuktikan melalui nilai rata-rata pada posttest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 76,26, lebih besar daripada nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 66,80. Dengan demikian, metode 6 M efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII MTS AL-Qodir Cangkringan Sleman.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode 6 M , Menulis Puisi
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:59
Last Modified: 16 Mar 2022 04:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item