KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN SEPATU TUA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

MONA, NPM.15144800040 (2019) KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN SEPATU TUA KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-MONA.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial ditinjau dari sosiologi sastra pada kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMP. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dengan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono dan sumber sekunder dengan jurnal penelitian terdahulu. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan baca, catat, pustaka, simak, dan analisis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, perpustakaan mengedit, mengklasifikasikan, mereduksi, dan penyajian. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan 57 data kritik sosial yang terdapat pada kumpulan cerpen Sepasang Sepatu Tua karya Sapardi Djoko Damono yang meliputi limas aspek kehidupan yaitu masalah cinta kasih, masalah moral, masalah ekonomi, masalah kekerabatan dan masalah pendidikan. Relevansinya pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP yaitu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kompetensi Dasar 3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksplanasi dan cerita pendek baik melalui lisan dan tulisan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kritik Sosial, Relevansi, Cerpen Sepasang Sepatu Tua
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:52
Last Modified: 16 Mar 2022 04:52
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item