INTERFERENSI TUTURAN BAHASA SASAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP N 2 PRAYA BARAT (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

MARZOAN, PBSI, UPY (2019) INTERFERENSI TUTURAN BAHASA SASAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP N 2 PRAYA BARAT (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-MARZOAN.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk interferensi peristiwa tuturan bahasa Sasak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP N 2 Praya Barat, (2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi interferensi tuturan bahasa Sasak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP N 2 Praya Barat dan (3) Fungsi digunakannya interferensi bahasa Sasak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP N 2 Praya Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa percakapan antara guru dan siswa di SMPN 2 Praya Barat yang mengandung interferensi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik rekam dan catat. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis padan intralingual. Pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan expert judgement sebagai teknik keabsahan data. Hasil interferensi tuturan bahasa Sasak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 2 Praya Barat mencakup (1) Interferensi fonologi, leksikal dan morfologi. Data yang diperoleh 102 data yaitu: interferensi fonologi 55 data, interferensi leksikal 31 data dan interferensi gramatikal 16 data; (2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi interferensi tuturan bahasa Sasak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP N 2 Praya Barat yaitu terjadinya pengacauan penggunaan bahasa. Kekacauan-kekacuan tersebut lebih dominan dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu: (a) interferensi bahasa (Sasak) yang sudah melekat dalam diri guru dan siswa sehingga secara tidak sadar memproduksi bahasa lisan yang salah, (b) kurangnya pengetahuan dan pengalaman guru dan siswa tentang kaidah-kaidah bahasa yang sesuai dengan rambu-rambu bahasa Indonesia baku, dan (c) pengalaman berbahasa, kontak bahasa yang terjadi tidak simultan dan pembelajaran bahasa yang kurang disiasati dengan baik; (3) Fungsi digunakannya interferensi bahasa Sasak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bertujuan untuk memudahkan proses komunikasi antara guru dan siswa ketika terjadi proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interferensi bahasa, Pembelajaran, dan Kajian Sosiolinguistik
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:42
Last Modified: 16 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item