KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 GAMPING TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurtriastuti, 14144800030 (2018) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 GAMPING TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURTRIASTUTI.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan media diorama dan variabel terikat berupa kemampuan menulis cerita fantasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simplerandom sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik tes menggunakan tes uraian dengan materi pembelajaran menulis cerita fantasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,913. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS 16.0 dapat diketahui bahwa hasil uji normalitas pretest kelas eksperimen 0,056, posttest kelas eksperimen 0,856, pretest kelas kontrol 0,610, dan posttest kelas kontrol 0,561. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, maka semua data dikatakan normal. Uji homogenitas data pretest menunjukkan 0,144 dan posttestmenunjukkan 0,130(P > 0,05 = homogen). Hasil perhitungan uji-T yang dilakukan pada skor posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan thitung sebesar 5,3 dengan df sebesar 62. Kemudian nilai thitung tersebut bandingkan dengan ttabel, dan dapat dinyatakan thitung 5,3 > dari ttabel (1,9). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran menulis cerita fantasi antara siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping yang mengikuti pembelajaran menulis cerita fantasi menggunakan Media diorama dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerita fantasi tanpa menggunakan media diorama. Setelah dilakukan masing-masing kelas, terlihat bahwa Hasil tersebut ditunjukkan dengan hasil rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (75,8>68,4). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media diorama efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Menulis Cerita Fantasi
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:42
Last Modified: 16 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item