EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARANMENULIS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TURI TAHUN AJARAN 2018/2019

Nita Rifandari, PBSI (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARANMENULIS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TURI TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NITA_RIFANDARI.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis iklanantara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi yang mengikuti pembelajaran menulis iklan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis iklan tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam menulis iklan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Turi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quesi eksperimen dengan desain pretest dan posttest group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas berupa berupa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan variabel terikat berupa menulis iklan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi. Penentuan sampel dalam populasi ini menggunakan simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes uraian sebanyak 1 soal dengan materi pembelajaran menulis iklan. Validasi yang digunakan adalah validasi isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Terdapat perbedaan pembelajaran menulis iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turi antara kelompok yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada kelas VIII SMP Negeri 1 Turi. (1) Hasil analisis uji-t diperoleh dengan melihat nilai Sig (2-tailed) 0,040 maka ½ x nilai sig = 0,020 karena 0,020  maka O H ditolak. 0,020 di mana , 0,05. Karena <0,05 maka terdapat perbedaan antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan metode diskusi(2) Pembelajaran menulis iklanmenggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,54, pretest kelompok eksperimen sebesar 65,14, posttest kelompok eksperimen sebesar 80,32, dan posttest kelompok kontrol sebesar 73,21. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran dalam pembelajaran menulis iklan lebih efektif dari pada pembelajaran menulis iklan dengan menggunakan model diskusi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Menulis Iklan
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:38
Last Modified: 16 Mar 2022 04:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item