PENGEMBANGAN FILM ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNSUR INSTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP PGRI WONOSOBO TAHUN AJARAN 2018/2019

Mita Anggrani, PBSI (2018) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNSUR INSTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP PGRI WONOSOBO TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MITA_ANGGRANI.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengembangan film animasi berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran unsur instrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI Wonosobo; 2) Mengetahui kualitas film animasi berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran unsur instrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI Wonosobo; 3) Mengetahui respon siswa terhadap film animasi berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran unsur instrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI Wonosobo; 4) Mengetahui efektivitas penggunaan media film animasi terhadap partisipasi dan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar di SMP PGRI Wonosobo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model Sugiyono. Penelitian dilaksanakan di SMP PGRI Wonososbo 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A sebanyak 25 siswa. Prosedur pengembangan melalui tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain film animasi, validasi film animasi, revisi film animasi, uji coba film animasi, revisi, dan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa, lembar validasi ahli media, lembara validasi ahli materi, pro-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Media pembelajaran film animasi berhasil dikembanngkan dengan sangat baik dan layak digunakan: 2) kualitas media film animasi sebagai media pembelajaran unsur instrinsik berdasarkan penilaian ahli media kelayakan media pembelajaran film animasi di ukur dengan menggunakan instrument validasi dengan skor rata-rata 3,28 yang masuk dalam kategori sangat baik, penilaian ahli materi validasi kelayakan materi pada media pembelajaran film animasi dengan skor rata-rata 3,25 yang masuk dalam kategori sangat baik; 3) Respon siswa dengan nilai 101 dengan nilai persentasi 83,4% berkriteria baik; 4) Hasil tes siswa efektif dengan hasil menunjukan rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Film Animasi, Unsur Instrinsik Cerpen
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:31
Last Modified: 16 Mar 2022 04:31
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item