PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELARAN TEKS EKSPLANASI UNTUK KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Desy Rosmawati, PBSI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELARAN TEKS EKSPLANASI UNTUK KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_DESY_ROSMAWATI.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan bahan ajar pada pembelajaran teks eksplanasi; 2) mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian ahli; 3) mengetahui daya tarik siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan; dan 4) mengetahui efektifitas bahan ajar sebagai media pembelajaran teks eksplanasi. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian uji coba terbatas adalah siswa kelas XI UPW sebanyak 5 siswa. Prosedur pengembangan melalui tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, lembar validasi ahli materi, ahli media, pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penelitian ini menghasilkan produk pengembangan bahan ajar sebagai media pembelajaran teks eksplanasi siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta; 2) kualitas bahan ajar sebagai media pembelajaran teks eksplanasi dikatakan valid, berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 85 pada kualifikasi sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor 73 pada kualifikasi sangat baik; 3) daya tarik siswa dengan nilai 49 dengan nilai persentase 98% pada kualifikasi sangat baik; dan 4) hasil tes siswa efektif dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Teks Eksplanasi
Subjects: Pendidikan
Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:30
Last Modified: 16 Mar 2022 04:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item