EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA DONGENG KITA BATU MENANGIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA RAKYAT KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Jeny Puspita, PBSI, Yogyakarta (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA DONGENG KITA BATU MENANGIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA RAKYAT KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-JENNY-PUSPITA.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis cerita rakyat siswa yang menggunakan model pembelejaran talking stick dan media pembelajaran dongeng kita Batu Menangis dibandingkan dengan yang menggunakan media pembelajaran cerita rakyat; (2) mendesripsikan keefektifan pembelajaran menulis cerita rakyat siswa yang menggunakan model pembelejaran talking stick dan media pembelajaran dongeng kita Batu Menangis pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control groupdesign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelompok VIIA sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes yaitu posttest dan pretest. Validasi intrumen berupa validasi isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, pertama dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis dari hasil penghitungan uji-t skor posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, diketahui besarnya t hitung adalah 1,046 dengan nilai p 0,0299. (p=0,0299<0,05). Perhitungan hasil analisis uji-t pretest dan posttest kemampuan menulis cerita rakyat kelompok eksperimen di peroleh t hitung sebesar -1.307 dan nilai p 0.0166 (p= 0,0166<0.05). Simpulan penelitian ini bedasarkan analisis rersebet adalah: (1) ada perbedaan kemampuan menulis pembelajaran siswa menggunakan media dongeng kita Batu Menangis dengan pembelajaran menulis siswa tanpa menggunakan media. (2) penggunaan media dongeng kita Batu Menangis efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita rakyat pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Item Type: Article
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:27
Last Modified: 16 Mar 2022 04:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item