ANALISIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR TAHUN AJARAN 2018/2019

IZNIA NURRAHMA AGUSTIN, NIM. 13144800060 (2019) ANALISIS CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-IZNIA-NURRAHMA-AGUSTIN.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis alih kode dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia (2) mendeskripsikan jenis campur kode dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia (3) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada proses pemnbelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa dialog atau tuturan yang mengandung alih kode dan campur kode. Sumber data penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Minggir dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang dibentuk ke dalam bahasa tulis berupa naskah dialog. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap, rekam dan teknik catat. Analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tiga cara yaitu (1) perpanjangan pengamatan, (2) peningkatkan ketekunan, dan (3) diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini mencakup yakni pertama berdasarkan jenis alih kode dibagi menjadi alih kode kedalam dan alih kode keluar. Terdapat 36 data yang dibagi atas 34 data alih kode keluar, 2 data alih kode kedalam. Kedua faktor yang mempengaruhi alih kode (1) faktor penutur (2) faktor lawan tutur (3) faktor pihak ketiga (4) faktor perubahan situasi (5) faktor perubahan topik pembicaraan. Ketiga jenis campur kode dibagi menjadi campur kode tuturan kluasa, campur kode tuturan frasa, campur kode tuturan kata. Terdapat 12 data yang dibagi atas 7 data campur kode tataran klausa, 8 data campur kode tataran frasa, 4 data campur kode tataran kata. Keempat faktor yang mempengaruhi campur kode (1) Penggunaan istilah popular (2) faktor penutur (3)faktor lawan tutur (4) faktor perubahan topic pembicaraan (5) faktor pokok pembicaraan (6) faktor humor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alih kode, campur kode, pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:24
Last Modified: 16 Mar 2022 04:24
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item