EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LAGU SEVENTEEN “KEMARIN” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Ispiani, PBSI, UPY (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LAGU SEVENTEEN “KEMARIN” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-ISPIANI.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pembelajaran menulis puisi antara kelompok yang diajarkan menggunakan media lagu dan kelompok yang diajarkan menggunakan media pembacaan lirik lagu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta; (2) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media lagu seventeen “kemarin” dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Berdasarkan teknik simple random sampling didapatkan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validasi instrumen berupa validasi isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t hipotesis pertama diperoleh Posttest kelompok eksperimen dan kontrol yang thitung > ttabel yakni 2,748 > 2,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar setelah pembelajaran puisi pada kelompok yang diajarkan menggunakan media lagu Seventeen “Kemarin” dan kelompok yang diajarkan menggunakan media pembacaan lirik lagu Seventeen “Kemarin” oleh guru. Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen thitung > ttabel yaitu 11,724 > 2,048. Nilai kelompok kontrol thitung > ttabel yaitu 11,180 > 2,048. Nilai rata-rata pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kontrol adalah 9,935 > 7,097. Hal ini berarti pembelajaran menggunakan media lagu Seventeen “Kemarin” lebih efektif dari pada pembelajaran menggunakan media pembacaan lirik lagu Seventeen “Kemarin” oleh guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media lagu Seventeen “Kemarin”, Media Pembacaan lirik lagu Seventeen “Kemarin” oleh guru, Kemampuan menulis, Puisi.
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:21
Last Modified: 16 Mar 2022 04:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item