Candra Kusuma, PBSI (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GAMPING KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/ 2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL_CANDRA_KUSUMA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode mind mapping (peta pikiran) pada siswa kelas VII SMP N 2 Gamping Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian siswa kelas VII A SMP N 2 Gamping, Jl. Jambon Trihanggo Gamping Kabupaten Sleman Tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa ketika proses pembelajaran, 2) Tes. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap siklus akan dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Berdasarkan data hasil observasi pada pembelajaran, guru telah menggunakan media mind mapping (peta pikiran) dan membimbing siswa dalam menulis karangan deskripsi. Guru juga memotivasi siswa, sehingga lebih antusias dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media mind mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 64,03, dengan rincian 14 siswa (14,16%) mendapat nilai diatas 7. Peningkatan keterampian menulis karangan deskripsi pada siklus II sebesar 80,51 dengan rincian 25 siswa (80,64%), yang kondisi awal nilai rata-rata 64,03 meningkat menjadi 80,51.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi , Media Mind Mapping |
Subjects: | Pendidikan Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 04:12 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 04:12 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3333 |
Actions (login required)
View Item |