PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK SUMBER BELAJAR PADA MATERI TEKS PROSEDUR BAGI SISWA SMP KELAS VII MTs N 7 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Galuh Kaysa Rachmi, NPM.14144800014 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK SUMBER BELAJAR PADA MATERI TEKS PROSEDUR BAGI SISWA SMP KELAS VII MTs N 7 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-GALUH-KAYSA-RACHMI.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yaitu, penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan Sugiyono. Penelitian dilaksanakan di MTs N 7 Sleman tahun ajaran 2018-2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E sebanyak 29 siswa. Prosedur pengembangan melalui 3 tahap yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pengembangan produk awal; 3) tahap penilaian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, lembar validasi ahli materi, ahli media, pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pengembangan Pop-Up Book sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur bagi siswa smp kelas VII MTs N 7 Sleman; 2) kualitas Pop-Up Book untuk sumber belajar pada materi teks prosedur bagi siswa smp kelas VII berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 38 dengan rata-rata 3,8 pada kualifikasi sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor 58 dengan rata-rata 3,62 pada kualifikasi sangat baik; 3) respon siswa dengan nilai 273 dengan nilai presentase 94,13% pada kualifikasi sangat baik; dan 4) hasil tes siswa efektif dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbedea dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pop-Up Book, Teks Prosedur
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:11
Last Modified: 16 Mar 2022 04:11
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item