EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020

Fatikasari, PBSI, UPY (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-FATIKASARI.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara kelompok yang diajarkan menggunakan model pembelajaran treffinger dengan kelompok yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jetis Bantul. (2) menguji efektivitas penggunaan model treffinger dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran treffinger dan variabel terikat berupa kemampuan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Jetis Bantul. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran treffinger lebih efektif dari penggunaan model pembelajaran konvensional dan media koran. (1) dilihat dari nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata- rata 82,90 sedangkan kelas kontrol 77,80. (2) Hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan t-hitung = 4,787 dengan nilai sig=0,000, sehingga lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan (5% atau 0,05) berarti H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa kelas VIII SMP N 3 Jetis yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran treffinger dan siswa kelas VIII SMP N 3 Jetis yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita tanpa model pembelajaran treffinger.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: menulis teks berita, model pembelajaran treffinger,
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:08
Last Modified: 16 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item