PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBASIS LECTORA INSPIRE MENGGUNAKAN METODE C3T PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN

Bella Shanty Wardini, PBSI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBASIS LECTORA INSPIRE MENGGUNAKAN METODE C3T PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_BELLA_SHANTY_WARDINI.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran menulis teks cerita fabel berbasis lectora inspire. 2) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menulis teks cerita fabel berbasis lectora inspire. 3) Mengetahui kualitas media pembelajaran menulis teks cerita fabel berbasis lectora inspire. 4) Mengetahui efektivitas media pembelajaran menulis teks cerita fabel berbasis lectora inspire. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan (R&D) model Borg dan Gall. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 OKU, Sumatera Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 5 siswa. Prosedur pengembangan melalui tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, angket respon siswa, pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Produk berupa media lectora inspire untuk pembelajaran menulis teks cerita fabel siswa SMP Negeri 3 OKU; 2) kualitas media lectora inspire baik dan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media mendapatkan skor 62 dengan kriteria sangat baik. 3) respon siswa terhadap media pembelajaran lectora inspire mendapatkan respon senilai 46 dengan nilai presentase 92% pada kualifikasi sangat baik; 4) hasil tes siswa efektif dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Teks Cerita Fabel
Subjects: Pendidikan
Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:08
Last Modified: 16 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item