UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 PAJANGAN

Iva Nur Rosita, PBSI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 PAJANGAN. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IVA_NUR_ROSITA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pajangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pajangan yang berjumlah 28 siswa. objek peneliitian ini adalah upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks persuasi menggunakan Cooperative Integreted Reading And Compostion (CIRC) pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pajangan. Tindakan penelitian ini dilaksankaan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh oleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, pedoman wawancara dan tes hasil beajar membaca pemahaman teks persuasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa pada pratindakan proses pembelajaran pada pratindakan siswa belum menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), tetapi masih menggunakan metode ceramah. Nilai rata-rata hasil tes membaca pemahaman teks persuasi pada pratindakan mencapai 73,35. Pada siklus I proses pembelajaran dilakukan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), model ini siswa membentuk kelompok yang heterogen, berdiskusi bersama kelompok dan mempersentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas. Nilai rata-rata hasil tes membaca pemahaman teks persuasi pada siklus I mencapai 75,50. Pada siklus II dalam proses pembelajaran siklus II, sama seperti pada siklus I yang membedakan proses pembelajarannya ialah pada siklus II guru lebih menekankan pada siswa untuk dapat bekerjasama dalam berdiskusi kelompok dan memberikan reward kepada siswa yang meraih nilai tertinggi, dengan memberikan reward, siswa akan lebih cenderung semangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Nilai rata-rata hasil tes membaca pemahaman teks persuasi pada siklus II mencapai 83,03.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman dan Model cooperative integreted reading and compostion (CIRC)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:04
Last Modified: 16 Mar 2022 04:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3327

Actions (login required)

View Item View Item