ANALISIS GAYA BAHASA REPETISI DAN SINISME PADA FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO

Hilda Purwasih, 14144800001 (2018) ANALISIS GAYA BAHASA REPETISI DAN SINISME PADA FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HILDA_PURWASIH.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk gaya bahasa repetisi pada film Jembatan Pensil karya Hasto Broto, (2) Mendeskripsikan bentuk gaya bahasa sinisme pada film Jembatan Pensil karya Hasto Broto. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objeknya adalah kalimat atau percakapan yang ada pada film Jembatan Pensil. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Jembatan Pensil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat.Teknik analisis data yang digunakan dalam metode padan yaitu teknik pilih unsur penentu atau PUP. Pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan teknik meningkatkan ketekunan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Film Jembatan Pensil menggunakan beberapa jenis gaya bahasa repetisi dan satu jenis gaya bahasa sindiran. Gaya bahasa repetisi yang terdapat dalam film Jembatan Pensil yaitu Epizeuksis, Tautotes, Anafora, Epistrofa, Simploke, Mesodiplosi, Epanalepsis, dan Anadiplosis. Gaya bahasa sindiran yang paling dominan pada film Jembatan Pensil adalah gaya bahasa sinisme,(2) Peneliti menemukan 81 data yang terdapat Gaya Bahasa khususnya gaya bahasa repetisi dan gaya bahasa sinisme dalam sebuah film yang berjudul Jembatan Pensil yang berdurasi 01:31:51. Pada 81 data tersebut digolongkan 69 data gaya bahasa repetisi dan 12 data gaya bahasa sinisme, (3) Film ini mengajarkan bahwa manusia harus belajar dari realitas, sebagai medium pembelajaran. Implikasi penggunaan media film Jembatan Pensil dalam pendidikan terkait tiga hal, yaitu: (a) Kognitif digunakan untuk memperlihatkan contoh model penampilan, terutama pada situasi yang menunjukan interaksi manusia, (b) Psikomotor digunakan untuk memberikan umpan balik tertunda kepada siswa secara visual untuk menunjukan tingkat kemampuan mereka dalam mengerjakan keterampilan gerak setelah beberapa waktu kemudian, dan (c) Efektif digunakan untuk dapat mempengaruhi emosi dan sikap siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Repetisi, Sinisme, Gaya Bahasa, Film
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:01
Last Modified: 16 Mar 2022 04:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item View Item