EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMPAS. ID “ CERPEN HARI MINGGU EDISI JANUARI-FEBRUARI 2019” DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SEWON TAHUN AJARAN 2019/2020

Eni Mustika, NPM.15144800003 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMPAS. ID “ CERPEN HARI MINGGU EDISI JANUARI-FEBRUARI 2019” DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI CERPEN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SEWON TAHUN AJARAN 2019/2020. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-ENI-MUSTIKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan kemampuan pembelajaran cerpen pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media Kompas.id dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembacaan cerpen pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon (2) efektivitas penggunaan media Kompas.id dalam pembelajaran mengidentifikasi cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon. Desain penelitian menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental ) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan media Kompas.id dan variabel terikat berupa pembelajaran mengidentifikasi cerpen. Populasi penelitin ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas XI BT2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MM2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan metode tes berupa soal pilihan ganda 15 butir soal dengan empat alternatif jawaban A,B,C dan D dengan materi pembelajaran mengidentifikasi cerpen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,920. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS 17.0. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS 17.0 dapat diketahui hasil uji normalitas pretest kelompok kontrol 0,000, posttest kelompok kontrol 0,000, pretest kelompok eksperimen 0,000, posttest kelompok eksperimen 0,000. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P< 0,05, maka semua data dikatakan Tidak normal. Uji homogenitas pretest menunjukkan 0, 109 dan posttest menunjukkan 0,029 (P>0,05= homogen). Hasil perhitungan uji Mann-Whitney U yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa posttest kelompok kontrol dan kelompok memiliki nilai probabilitas Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000>0,05 lebih kecil dari 0,05 (.000<0,05). Hal ini menujukkan (1)terdapat perbedaan yang siginifikan pembelajaran mengidentifikasi cerpen antara siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon yang mengikuti pembelajaran mengidentifikasi cerpen menggunakan media Kompas.id “Cerpen Hari Minggu Edisi Januari-Februari 2019” dengan siswa menggunakan pembacaan cerpen di depan kelas. Setelah dilakukan masing-masing kelompok, terlihat bahwa hasil tersebut ditunjukkan dengan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (84,77>57,63). (2) Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Kompas.id efektif digunakan dalam pembelajaran mengidientifikasi cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media Kompas.id, pembelajaran mengidentifikasi cerpen
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:01
Last Modified: 16 Mar 2022 04:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item