KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO, KULON PROGO YOGYAKARTA

Heni Suryaningsih, PBSI (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO, KULON PROGO YOGYAKARTA. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HENI_SURYANINGSIH.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil pembelajaran menulis teks prosedur siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Example non-Example dan siswa yang tidak menggunakan model Example non-Example, serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Example Non-Example dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Sentolo pada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain Posttesst-Only Control Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes menulis teks prosedur yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu arah pada taraf signifikansi α = 0,05 dan mean. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov pada kelas eksperimen, menunjukkan nilai sig. = 0,200 > α (0,05) dan kelas kontrol menunjukkan nilai sig. = 0,073> α (0,05), ini berarti data kedua kelas berdistribusi normal. Uji Levene Statistic menunjukkan nilai sig. = 0,646 > α (0,05), artinya data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan rata-rata nilai posttest. Hasil uji-t pada uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung= 2,39810 > ttabel= 1,68107 atau thitung lebih besar daripada ttabel. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas yang diajar menulis teks prosedur menggunakan model example non-example dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis prosedur siswa kelas eksperimen sebesar 76,86 dan hasil nilai rata-rata keterampilan menulis prosedur siswa kelas kontrol sebesar 71,30. Hal ini berarti nilai rata- rata keterampilan menulis prosedur siswa dengan model pembelajaran Example non-Example lebih tinggi daripada nilai rata- rata keterampilan menulis prosedur siswa menggunakan model pemebelajaran konvensional. Dengan demikan, model pembelajaran Example non-Example efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP N 3 Sentolo, Kulon Progo Yogyakarta

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Example Non-Example, Menulis Teks Prosedur
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:59
Last Modified: 16 Mar 2022 03:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item