PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS EKSPOSISI DI KELAS X SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN 2018/2019

Fajar Purnomo, PBSI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS EKSPOSISI DI KELAS X SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN 2018/2019. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FAJAR_PURNOMO.pdf

Download (777kB) | Preview

Abstract

Selama ini untuk pembelajaran pada materi teks eksposisi hanya menggunakan beberapa media saja seperti LCD proyektor dan laptop. Pembelajaran mobile learning belum pernah digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Peserta didik menggunakan smartphone hanya sebatas mencari referensi untuk bahan diskusi atau mencari artikel tentang hikayat atau cerpen. Salah satu alternatif media mobile learning (m-learning) berbasis android dalam pembelajaran bahasa indonesia pada materi teks eksposisi di kelas x SMA.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran media m-learning berbasis android pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi di kelas X SMA Kolombo Sleman. (2) Mengetahui kualitas produk media pembelajaran M-learning berbasis Android pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi di kelas X SMA Kolombo Sleman sehingga layak digunakan dalam pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur yang dikemukakan sugiyono. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetauhi kelayakan m-learning berbasis android dan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik yaitu menggunakan skala Likert dengan empat penilaian disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru bahasa indonesia dan peserta didik SMA. Hasil data kualitatif tersebut diubah menjadi data kuantitatif dengan teori yang dikemukakan oleh Eko Putro Widoyoko (2016:111) Hasil penelitian ini berupa : (1) Pengembangan m-learning berbasis android pada materi teks eksposisi. (2) kualitas media bantu pembelajaran m-learning berbasos android pada materi teks eksposisi adalah layak dengan presentase 92,5% berdasarkan penilaian ahli materi, dan sangat layak dengan presentase 85% oleh ahli bahasa dan 90% oleh ahli media dengan kriteria sangat layak. (3) Respon guru bahasa indonesia dengan presentase 92,5% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik kelas X SMA dalam kriteria sangat menarik dengan presentase 77,5%. Di SMA Kolombo Depok. Jadi dapat disimpulkan m-learning berbasis android sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Research and Development (R&D)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:56
Last Modified: 16 Mar 2022 03:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item