NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA

Erina Tanti, PBSI (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ERINA_TANTI.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana wujud nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, (2) Bagaimana relevansi novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahaman El Shirazy ini sebaga bahan ajar di SMA. Objek dalam penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini adalah kutipan kalimat yang mengandung nilai pendidikan karakter dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah metode baca catat dan metode kajian kepustakaan. Hasil penelitian ini mencakup dua hal pertama, pada novel menunjukkan adanya nilai-nilai pendidikan karakter yang terbagi menjadi 13 kriteria dari 18 nilai-nilai pendidikan karakter. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy meliputi: religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, tanggung jawab. Dari 89 data ditemukan, adapun nilai pendidikan karakter religius 24 data, jujur 2 data, toleransi 1 data, disiplin 1 data, kerja keras 2 data, kreatif 7 data, rasa ingin tahu 6 data, cinta tanah air 2 data, menghargai prestasi 12 data, bersahabat/komunikartif 11 data, cinta damai 4 data, peduli sosial 11 data, tanggung jawab 6 data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang lebih banyak dijumpai di dalam novel Bidadari Bermata Bening adalah nilai karakter religius dan menghargai prestasi. Kedua, novel ini memiliki relevansi untuk guru sebagai bahan ajar yang terkait dengan materi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada KD 7.2 untuk SMA kelas XI semester ganjil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Novel, Bahan Ajar
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:54
Last Modified: 16 Mar 2022 03:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item