Efektivitas Penggunaan Media Ruang Terbuka Pada Penulisan Puisi Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Dhinda Maritha, PBSI (2018) Efektivitas Penggunaan Media Ruang Terbuka Pada Penulisan Puisi Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DHINDA_MARITHA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media runag terbuka pada penulisan terhadap siswa kelas VIII SMP N 2 Gamping (2) untuk membedakan kreatifitas menulis puisi siswa menggunakan metode ruang terbuka atau di dalam kelas (konvensional) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan media ruang terbuka dan variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negri 2 Gamping. Penentuan sampel menggunakan teknik simplerandom sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes essay 3 poin dengan materi pembelajaran menulis puisi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,655. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 20.0. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS 20.0 dapat diketahui bahwa hasil uji normalitas pretest kelompok kontrol 0,200, posttest kelompok kontrol 0,146, pretest kelompok eksperimen 0,165, dan posttest kelompok eksperimen 0,200. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, maka semua data dikatakan normal. Uji homogenitas data pretest menunjukkan 0,848 dan posttest menunjukkan 0,135 (P > 0,05 = homogen). Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 2.227 dengan db 54 dan P sebesar 0,000. Nilai thitung lebih besar dari ttabel pada db 54 dan taraf signifikansi 5% (2,227>0,000). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran menyimak puisi antara siswa kelas VIII SMP Negri 2 Gamping yang mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan Media ruang terbuka dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan media ruang terbuka. Setelah dilakukan masing-masing kelompok, terlihat bahwa Hasil tersebut ditunjukkan dengan hasil rata-rata kelompok eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (69,185>63,58). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media ruang terbuka efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gamping.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Ruang terbuka, Menulis Puisi
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:46
Last Modified: 16 Mar 2022 03:46
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item