EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN

Afifah Nur Praftiana, PBSI (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_AFIFAH_NUR_PRAFTIANA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan antara hasil pembelajaran menulis teks prosedur kompleks yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran lectora inspire dan (2) untuk mengetahui keefektifan menggunakan media pembelajaran lectora inspire dalam menulis teks prosedur kompleks. Penelitian ini dilakukan di SMA Kolombo Sleman tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif. Metode yang digunakan adalah metode quesi eksperimen dengan desain pretest dan posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Kolombo Sleman. Penetuan sempel dalam populasi ini menggunakan teknik simple random sampling Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes uraian sebanyak satu soal dengan materi pembelajaran teks prosedur kompleks. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS diketahui hasil uji normalitas pretest kelompok kontrol 0,258, posttest kelompok kontrol 0,205, pretest kelompok eksperimen 0,174, posttest kelompok eksperimen 0,181. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, maka semua data dikatakan normal. Uji homogenitas pretest menunjukkan 0,117 dan posttest menunjukkan 0,537 P > 0,05= homogen). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis teks prosedeur kompleks antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lectora inspire dan kelas yang pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran lectora inspire. Perbedaan tersebut ditunjukan dengan hasil uji-t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh thitung sebesar 2,676 dengan nilai p-value 0,015 < 0,05, dengan demikian hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat adanya perbedaan. (2) hasil penelitian terbukti bahwa media pembelajara lectora inspire lebi efektif terhadp keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Kolombo Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata di kelas eksperimen sebesar 85, dan nilai persentase di kelas kontrol sebesar 76,8.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Lectora Inspire, Teks Prosedur Kompleks
Subjects: Pendidikan
Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:33
Last Modified: 16 Mar 2022 03:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item