ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA MAHASISWA DENGAN DOSEN MELALUI MEDIA WHATSAPP MESSENGER DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA PADA BULAN MEI 2019

Asmi Windari, PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta (2019) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA MAHASISWA DENGAN DOSEN MELALUI MEDIA WHATSAPP MESSENGER DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA PADA BULAN MEI 2019. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univeristas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL-ASMI-WINDARI.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa dalam penggunaan tanda baca mahasiswa dengan dosen melalui media whatshapp messenger di lingkungan Universitas PGRI Yogyakarta Pada Bulan Mei 2019 (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa ejaan, mahasiswa dengan dosen melalui media whatshapp messenger di lingkungan Universitas PGRI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa foto percakapan mahasiswa dengan dosen melalui media whatshapp messenger. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa program studi PBSI, PBI, Akuntansi, Managemen, Teknik Informatika angkatan 2015 dan 2016 di Universitas PGRI Yogyakarta pada bulan Mei 2019. Cara pengumpulan data dengan metode simak dan teknik catat. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh dengan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) kesalahan berbahasa tanda baca titik 102 data, tanda baca koma 75 data, tanda baca tanya 8 data, tanda baca hubung 6 data, tanda baca titik dua 3 data, (2) kesalahan berbahasa bentuk Ejaan penggunaan huruf kapital 86 data, kesalahan penggunaan kata baku 61 data, kesalahan penggunaan kata singkatan 18 data.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: AKB, media whatsapp
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:16
Last Modified: 16 Mar 2022 03:16
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item