TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM TAYANGAN KICK ANDY EPISODE “UBAH MIMPIMU JADI KENYATAAN” DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BERBICARA DI SMP

Anselmus Bobo Tari, PBSI (2018) TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM TAYANGAN KICK ANDY EPISODE “UBAH MIMPIMU JADI KENYATAAN” DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BERBICARA DI SMP. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANSELMUS_BOBO_TARI.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur lokusi dalam tayangan Kick Andy di Metro TV (2) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi dalam tayangan Kick Andy di Metro TV, (3) mendeskripsikan bentuk tindak tutur perlokusi dalam tayangan Kick Andy di Metro TV (4) mendeskripsikan relevansi tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam tayangan Kick Andy di Metro TV pada pembelajaran berbicara di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini adalah dialog atau tuturan yang mengandung tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam tayangan Kick Andy. Sumber data dalam penelitian ini adalah tayangan Kick Andy yang dibentuk ke dalam bahasa tulis berupa naskah dialog.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap dan teknik catat.Analisis data penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui dua cara yaitu (1) ketekunan/keajegan pengamatan, dan (2) triangulasi sumber dan triangulasi ahli. Simpulan penelitian ini mencakup yakni pertama, terdapat tindak tutur lokusi sebanyak 271 tuturan yang terdiri atas bentuk deklaratif sebanyak 146 tuturan, bentuk interogatif sebanyak 121 tuturan, dan bentuk imprataif sebanyak 4 tuturan. Kedua, terdapat tindak tutur ilokusi sebanyak 157 tuturan yang terdiri atas bentuk asertif sebanyak 124 tuturan, bentuk direktif sebanyak 9 tuturan, bentuk ekspresif sebanyak 20 tuturan, dan bentuk komisif sebanyak 4 tuturan. Ketiga,, terdapat tindak tutur perlokusi dengan fungsi mengurangi ketegangan sebanyak 20 tuturan, menarik perhatian sebanyak 6 tuturan, meyakinkan sebanyak 23 tuturan, menganjurkan sebanyak 10 tuturan, dan membujuk sebanyak 9 tuturan. Keempat, penelitian ini memiliki relevansi bagi guru sebagai bahan ajar terkait pembelajaran berbicara dan pada KD 2.1 kelas VIII di SMP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi, Pembelajaran berbicara
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 02:57
Last Modified: 16 Mar 2022 03:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item