PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE PERCOBAAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Tri Oktavia Kurnia Ningtyas, 11144600009 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE PERCOBAAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Tri Oktavia Kurnia Ningtyas.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media LKS berbasis metode percobaan ditinjau dari aspek desain dan aspek penyajian, mengetahui kualitas materi LKS berbasis metode percobaan ditinjau dari aspek isi dan aspek perbelajaran berbasis percobaan, mengetahui respon siswa terhadap LKS berbasis metode percobaan, mengetahui hasil nilai evaluasi dari kelas kontrol dan kelas eksperimen, mengetahui efektivitas produk LKS IPA berbasis metode percobaan pada pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Triwidadi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Triwidadi sebanyak 26 siswa dan kelas VA sebanyak 21 siswa. Teknik dan pengumpulan data: angket, pedoman wawancara, pedoman observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang terdiri terdiri dari konversi skala 5 dan persentase skala 5, uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian pengembangan kualitas media ditinjau dari aspek desain menurut ahli materi 1 dan ahli materi 2 memperoleh skor 92% dan 90% dengan rata-rata skor 91% memiliki kriteria baik sekali. Kualitas ahli media ditinjau dari aspek penyajian menurut ahli media 1 dan ahli media 2 memperoleh skor 89% dan 87% dengan rata-rata skor 88% dengan kriteria baik sekali. Hasil kualitas materi ditinjau dari aspek isi menurut ahli materi 1 dan ahli materi 2 memperoleh skor 92% dan 87% dengan rata-rata skor 89,5% memiliki kriteria baik sekali. Kualitas materi ditinjau dari aspek pembelajaran berbasis percobaan menurut ahli materi 1 dan ahli materi 2 memperoleh skor 92% dan 85% dengan rata-rata skor 88,5% memiliki kriteria baik sekali. Rata-rata hasil evaluasi kelas kontrol memiliki kriteria cukup yaitu 65,45% dan rata-rata hasil evaluasi kelas eksperimen memiliki kriteria baik sekali yaitu 85,96%. Hasil dari uji normalitas memperoleh nilai signifikansi 0,897 dan 0,797 > 0,05 data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas memperoleh nilai signifikansi 0,856 > 0,05 data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis pada uji t diperoleh nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan LKS berbasis metode percobaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Metode Percobaan,Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:04
Last Modified: 01 Feb 2016 04:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item