UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIIE SMP N 2 SEDAYU TAHUN AJARAN 2014/2015

Tri Purwadi, 10144100143 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIIE SMP N 2 SEDAYU TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel tri.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Sedayu setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT)pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Sedayu. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sedayupada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan (plan),tindakan (act), pengamatan (observe) dan refleksi (reflect). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Sedayu yang berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT).Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket minat belajar matematika, tes hasil belajar matematika dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT)) pada siswa kelas VII VIIIE SMP Negeri 2 Sedayu dapat meningkatkan minat belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa. Minatbelajar matematika siswa pra siklus adalah 64,30% (kategori cukup) menjadi 73,23% (kategori cukup) pada siklus 1, dan meningkat menjadi 86,10% (kategori tinggi) pada siklus II. Nilai rata-rata kelas pra tindakan 54,50dengan persentasi ketuntasan belajar sebesar 6,67%(kategori rendah) menjadi 62,59dengan persentase ketuntasan belajar 45,17%(kategori kurang) pada siklus I dan meningkat menjadi 73,13dengan persentase ketuntasan belajar 77,41%(kategori tinggi) pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Head Together(NHT), minat belajar matemataka, hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:18
Last Modified: 01 Feb 2016 03:18
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item