UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 KASIHAN

Nurmala Puspita Sari, 11144100162 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 KASIHAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Nurmala Puspita Sari (11144100162).pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas VIIB SMP N 2 Kasihan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP N 2 Kasihan tahun ajaran 2014/2015 dan objek penelitian adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pokok bahasan bangun datar segiempat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sesuai dengan desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Taggart. Sebelum memberikan tindakan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), siswa diberi tes pra tindakan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, metode dokumentasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Berdasarkan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada tes pra tindakan yaitu 48 (kualifikasi kurang), meningkat pada hasil tes siklus I yaitu 73 (kualifikasi cukup), dan 80 (kualifikasi tinggi) pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIIB SMP N 2 Kasihan; (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran guru sebesar 79,53% pada siklus I menjadi 88,77%pada siklus II dengan kualifikasi tinggi; dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 78,46% pada siklus I menjadi 86,16%pada siklus II dengan kualifikasi tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:06
Last Modified: 01 Feb 2016 03:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item