UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIID SMP N I SRANDAKAN

Raras Dwi Asri, 11144100129 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIID SMP N I SRANDAKAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL RARAS.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas VIID SMP N I Srandakan tahun ajaran 2014/2015 dan objek penelitian adalah hasil belajar matematika siswa. Desain penelitian mengikuti model Kemmis dan Tagart yang meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, angket hasil belajar siswa ranah afektif, catatan lapangan, tes tertulis dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik triangulasi dan reduksi data, baik deskripsi kualitatif maupun diskripsi kuantitaf dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIID SMP N I Srandakan. (1) Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 88,89% (kriteria tinggi) dan pada siklus II sebesar 100% (kriteria tinggi); (2) Keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus I sebesar 82,72% (kriteria tinggi) dan meningkat pada siklus II sebesar 91,71% (kriteria tinggi); (3) Hasil belajar matematika ranah afektif meningkat dari siklus I yaitu sebesar 78,77% (kriteria tinggi) dan pada siklus II 82,94% (kriteria tinggi); (4) Hasil belajar matematika ranah kognitif meningkat, nilai rata-rata pra tindakan sebesar 63 dengan ketuntasan 6,25% (kriteria sangat rendah), pada siklus I sebesar 68,83 dengan ketuntasan 28% (kriteria rendah), dan pada siklus II sebesar 74,16 dengan ketuntasan 75% (kriteria cukup).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:02
Last Modified: 01 Feb 2016 03:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item