UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA N 1 LENDAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Ita Wahyu Pratiwi, 11144100149 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA N 1 LENDAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI). Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Ita Wahyu Pratiwi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Lendah pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Lendah sebanyak 22 siswa tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket minat siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Lendah pada pokok bahasan penyajian data dan ukuran penyebaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika di kelas XI IPA 1 SMA N 1 Lendah dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase minat pra siklus adalah 57,78% (kategori cukup) kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 69,89% (kategori cukup) dan meningkat menjadi 78,75% (kategori tinggi) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 46,23% (kategori kurang), kemudian mengalami peningkatan menjadi 72,95% (kategori cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 87,34% (kategori tinggi) pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 02:49
Last Modified: 01 Feb 2016 02:49
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item