PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK PADA IMPLEMENTASI KTSP SD SE-KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN KONATIF

Nency Hardini, 11144600138 (2015) PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK PADA IMPLEMENTASI KTSP SD SE-KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN KONATIF. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL NENCY HARDINI_11144600138.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru terhadap pembelajaran tematik pada implementasi KTSP SD se-Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo ditinjau dari aspek Kognitif, Afektif, dan Konatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 78 guru sekolah dasar se-Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji validitas 47 butir pernyataan tentang pembelajaran tematik menunjukan ada 5 butir yang dinyatakan gugur, jadi instrumen yang digunakan tinggal 42 butir pernyataan. Sedangkan hasil uji realibilitas menyatakan bahwa semua butir dinyatakan reliabel. Selanjutnya hasil perolehan angket dihitung dan dikategorikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran tematik pada implementasi KTSP SD se-Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo ditinjau dari aspek Kognitif, Afektif, dan Konatif berada pada kategori baik dengan frekuensi 58 dan presentase 74,36%. Selebihnya pada kategori sangat baik diperoleh frekuensi sebesar 13 dengan presentase 16,67%, pada kategori cukup diperoleh frekuensi sebesar 7 dengan presentase 8,97%, sedangkan untuk kategori kurang baik dan tidak baik diperoleh frekuensi 0 dan presentase 0,00%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru, Pembelajaran Tematik
Subjects: Psikologi > Pendidikan Psikologi
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 01 Feb 2016 02:04
Last Modified: 01 Feb 2016 02:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item