UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING SISWA KELAS VII E SMP N 1 SRANDAKAN

Arrini Ditta Margarani, 11144100111 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING SISWA KELAS VII E SMP N 1 SRANDAKAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Arrini Ditta Margarani (11144100111).pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan Contextual Teaching & Learning pada materi segiempat siswa kelas VII E SMP N 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII E tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, angket, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan dua metode, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CTL dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan: (1) Meningkatnya persentase motivasi belajar dari 72,85% pada pra penelitian menjadi 83,17% pada siklus I dan 87,06% pada siklus II, (2) Meningkatnya aspek kemampuan pemahaman masalah pada pra penelitian 73,12 menjadi 95,16 pada siklus I, dan 96,24 pada siklus II, (3) Meningkatnya aspek kemampuan membuat rencana penyelesaian pada pra penelitian 42,20 menjadi 75,27 pada siklus I, dan 87,63 pada siklus II, (4) Meningkatnya aspek kemampuan melaksanakan rencana penyelesaian 46,77 pada pra penelitian, 60,22 pada siklus I, dan 76,34 pada siklus II, dan (4) Meningkatnya aspek kemampuan memeriksa kembali, mengecek hasil pada pra penelitian 25,09 menjadi 50,54 pada siklus I, dan 75,27 pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching & Learning (CTL), motivasi, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:07
Last Modified: 29 Jan 2016 04:07
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item