UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) SISWA KELAS VIIA SMP N 12 YOGYAKARTA

Fidi Setiawan, 09144100115 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) SISWA KELAS VIIA SMP N 12 YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi Segitiga melaluipembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas VII A SMP N 12 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP N 12 Yogyakarta pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan alur penelitian tindakan kelas model Spiral dari Kemmis dan Taggart dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 12 Yogyakarta yang berjumlah 33siswa dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika materi keliling dan luas segitiga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahangket motivasi, observasi, tes prestasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Sahre (TPS) pada siswa kelas VII A SMP N 12 Yogyakarta materi jenis-jenis segitiga bahwa : (1)motivasi belajar siswa meningkat dari persentase keaktifan belajar siswa pra siklus sebesar 48,76% (kualifikasi kurang), siklus I sebesar 69,75% (kualifikasi cukup) menjadi 81,44% (kualifikasi tinggi) pada siklus II; (2) Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata prestasi belajar siswa pra tindakan sebesar 72,85 (kualifikasi cukup) dengan persentase siswa yang tuntas mencapai 45,45% menjadi 76,21(kualifikasi tinggi) dengan persentase siswa yang tuntas mencapai 66,67% pada siklus I, dan 88,36(kualifikasi tinggi) dengan persentase siswa yang tuntas mencapai 100% pada siklus II;(3)Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II mulai dari tahap persiapan, kegiatan individu, kegiatan kelompok, presentasi kelompok, penghargaan dan evaluasi secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP. Persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 82,29% (kualifikasi tinggi) pada siklus I dan 83,07% (kualifikasi tinggi) pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:55
Last Modified: 29 Jan 2016 03:55
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item