UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VIII PUTRA SMP IT MASJID SYUHADA

Ifut Riati, 10144100056 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VIII PUTRA SMP IT MASJID SYUHADA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL IFUT RIATI.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada tahun ajaran 2014/2015 mata pelajaran matematika materi pokok teorema Pythagoras melalui pembelajaran dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Masjid Syuhada pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Objek penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua jenis, yaitu data kuantitatif yang terdiri dari analisis data hasil observasi dan analisis data hasil kemampuan pemecahan masalah matematika, serta data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1)orientasi siswa pada masalah, (2)mengorganisasi siswa untuk belajar, (3)membimbing pengalaman individual/kelompok, (4)mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5)menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dengan Problem Based Learning terlaksana 75% pada siklus I dan 92,86% pada sikus II. Dengan penerapan Problem Based Learning hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus I sebesar 74,60 kemudian nilai hasil tes meningkat menjadi 82,71 pada siklus II. Sehingga nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 8,11. Setiap langkah dari kemampuan pemecahan masalah matematika juga mengalami peningkatan yaitu (1)memahami masalah meningkat sebesar 39,25% dari 30,00% menjadi 69,25%, (2)merencanakan penyelesaian masalah meningkat sebesar 1,51% dari 79,78% menjadi 81,29%, (3)menyelesaikan masalah meningkat 1,10% dari 90,30% menjadi 91,40%, (4)memeriksa kembali proses dan hasil meningkat 12,73% dari 55,33% menjadi 68,06%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah matematika, model Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:20
Last Modified: 29 Jan 2016 03:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item