Riza Dyah Permata, 11144100098 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 1 MLATI. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL RIZA DYAH PERMATA.pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Mlati melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi faktorisasi suku aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mlati pada tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Mlati yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitiannya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan maupun data kuantitatif yaitu rata-rata dan persentase data hasil observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada pra tindakan belum ada seorang siswa pun yang mendapat nilai rata-rata lebih dari 75 (kriteria tinggi). Setelah diadakan penelitian tindakan kelas pada siklus I yang mendapat nilai rata-rata lebih dari 75 sebanyak 25% dan pada siklus II meningkat menjadi 96.88%. (2) ditinjau dari aspek rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada tiap aspek telah meningkat. Aspek memahami masalah 75% (kriteria tinggi) pada siklus I meningkat menjadi 83.33% (kriteria tinggi) pada siklus II. Aspek merencanakan penyelesaian 54.32% (kriteria cukup) pada siklus I meningkat menjadi 80.86% (kriteria tinggi) pada siklus II. Aspek menyelesaikan masalah melalui perhitungan 64.51% (kriteria cukup) pada siklus I meningkat menjadi 82.41% (kriteria tinggi) pada siklus II. Aspek memeriksa kembali proses dan hasil 35.80% (kriteria kurang) pada siklus I meningkat menjadi 77.16% (kriteria tinggi) pada siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:17 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/249 |
Actions (login required)
View Item |