UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII PUTRI SMP IT SYUHADA TAHUN AJARAN 2014/2015

Rina Wahyuni, 10144100057 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII PUTRI SMP IT SYUHADA TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Rina Wahyuni (10144100057).pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada materi lingkaran siswa kelas VIII Putri SMP IT Syuhada. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII Putri SMP IT Syuhada pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Putri SMP IT Syuhada pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII Putri SMP IT Syuhada. Hasil penelitian ini adalah (1) persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase akitivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 56,59%. Pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa meningkat 21,93% yaitu 78,52% dan sudah mencapai kualifikasi yang diinginkan yaitu kualifikasi tinggi;(2) nilai pra siklus adalah 62,66 dengan ketuntasan dalam kategori cukup (56,25%) setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 75,66 dengan ketuntasan mencapai kategori cukup (62,50%), dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 80,03 dengan ketuntasan kategori tinggi (81,25%). Aktivitas belajar dalam penelitian ini mencakup 4 indikator. Indikator A (kerjasama) mencapai 59,77% pada siklus I dan 79,10% pada siklus II. Indikator B (perhatian) mencapai 28, 32% pada siklus I dan 39,84% pada siklus II. Indikaor C (tanggung jawab)mencapai 80,66% pada siklus I dan 117.38% pada siklus II. Indikator D (siswa aktif) mencapai 57,62% pada siklus I dan 77,73% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil belajar Matematika, dan Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 02:42
Last Modified: 29 Jan 2016 02:42
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item