Prayitno, 09144100152 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Prayitno (09144100152).pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Segi Empat melalui pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Karangrayung. Penelitian ini dilakukan di SMP muhammadiyah karangrayung pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Spiral dari Kemmis dan Taggart dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah karangrayung yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika materi keliling dan luas segi empat dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Hasil belajar siswa 65.10 pada siklus I menjadi 81.41disiklus II dengan pemahaman konsep 66.85% pada siklus I menjadi 87.68% disiklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe snowball throwing, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 02:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 02:26 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/244 |
Actions (login required)
View Item |