Arif Indriyanto, 11144100132 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) SISWA KELAS VIIIF SMP NEGERI 3 BANGUNTAPAN. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel-Arif Indriyanto_P.Mat.pdf Download (88MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan operasi aljabar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 3 Banguntapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 3 Banguntapan yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Desain penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Taggart, dengan tahapan penelitian perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi belajar, tes prestasi belajar matematika, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara deskriptif kualitatif maupun secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIIF SMP Negeri 3 Banguntapan yaitu melakukan pembelajan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena pada model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh guru. Kemudian hasil belajar individual kemudian dibawa ke kelompok-kelompok untuk didiskusikan dan saling dibahas oleh anggota kelompok sehingga pada saat diskusi siswa sudah memiliki kemampuan dasar materi dan semua anggota kelompok dapat lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi. Siswa juga tampak lebih bersemangat mengikuti pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tersebut karena mereka dapat saling bertukar pikiran dengan teman yang memiliki kemampuan lebih sehingga dapat menambah pengetahuan mereka, sehingga dapat meningkatnya motivasi dan prestasi belajar siswa. (2) peningkatan motivasi belajar siswa 2 dalam kategori tinggi pada pra siklus ada 11 siswa (37,71%), siklus I menjadi 13 siswa (46,42%) dan pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa (82,14%). (3) peningkatan prestasi belajar siswa dari rata-rata kelas nilai pra tindakan 65,07 (kategori cukup) dengan ketuntasan 25,00% menjadi 66,42 (kategori cukup) dengan ketuntasan 53,57% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,32 (kategori tinggi) dengan ketuntasan 85,71% pada siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization, motivasi belajar siswa, prestasi belajar matematika |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 02:21 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 02:21 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/243 |
Actions (login required)
View Item |