ANALISIS ATRIBUT WARUNG PENGECER YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TEMPAT BERBELANJA (Studi Kasus pada Beberapa Warung Pengecer Model Swalayan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman)

Jati Rukmana, 11133200040 (2015) ANALISIS ATRIBUT WARUNG PENGECER YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TEMPAT BERBELANJA (Studi Kasus pada Beberapa Warung Pengecer Model Swalayan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman). Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JATI.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Atribut Warung Pengecer yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pemilihan Tempat Berbelanja (Studi Kasus pada Beberapa Warung Pengecer Model Swalayan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di 3 Warung Pengecer Model Swalayan di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman (Toko Rahmat, Toko GMT, dan Toko Welsa) pada tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah maupun sedang berbelanja di 3 Warung Pengecer Model Swalayan yang ada di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Penelitian ini mengambil sampel dengan jumlah responden 100 konsumen dengan metode Purposive Sampling dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan (X1) secara parsial mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja dibuktikan dengan hasil statistik nilai t sebesar 0,291 dengan nilai signifikansi sebesar 0,772>0,05. Variabel Kualitas dan Keragaman Produk (X2) nilai t sebesar 2,443 dengan nilai signifikansi sebesar 0,017<0,05, dengan demikian variabel Kualitas dan Keragaman Produk (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja (Y). Variabel Harga (X3) nilai t sebesar 2,694 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008<0,05, dengan demikian variabel Harga (X3) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja (Y). Variabel Fasilitas Toko (X4) nilai t sebesar 0,800 dengan nilai signifikansi sebesar 0,426>0,05, dengan demikian variabel Fasilitas Toko (X4) mempunyai pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja (Y). Variabel Lokasi (X5) nilai t sebesar 4,059 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, dengan demikian variabel Lokasi (X5) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja (Y). Hasil Uji F dengan nilai Fhitung 19,706 dan signifikansi 0,000. Hasil ini membuktikan bahwa secara simultan variabel pelayanan, kualitas dan keragaman produk, harga, fasilitas toko, dan lokasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja. Dari hasil pengujian koefisien determinasi nilai Adjusted R2 sebesar 0,486, hal ini berarti 48,6% variasi dari keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja bisa dijelaskan oleh variasi dari variabel pelayanan, kualitas dan keragaman produk, harga, fasilitas toko, dan lokasi, sedangkan sisanya sebesar 51,4% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelayanan, kualitas dan keragaman produk, harga, fasilitas toko, lokasi dan keputusan konsumen dalam pemilihan tempat berbelanja
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran, Distribusi
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:11
Last Modified: 28 Jan 2016 08:11
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item