Jundari, 11144100019 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) SISWA KELAS VIID SMP N I SEYEGAN. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKELJUNDARI_11144100019.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada materi bangun datar segitiga siswa kelas VIID SMP N I Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP N I Seyegan semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Desain penelitiannya mengacu pada desain putaran spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dalam masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data yang tersedia baik secara deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa pada siklus II hasil observasi pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) telah mencapai kualifikasi tinggi sehingga meningkatkan: (1) motivasi belajar siswa dalam kualifikasi tinggi pada pra siklus terdapat 1 siswa (3,13%) meningkat pada siklus I terdapat 14 siswa (45,16%) dan pada siklus II dicapai sebanyak 27 siswa (84,38%); (2) hasil belajar siswa ranah kognitif pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar sebesar 53,44 (kualifikasi cukup) dengan ketuntasan 9,4%, meningkat pada siklus I sebesar 71,79 (kualifikasi cukup) dengan ketuntasan sebesar 54,84%, dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 84,47 (kualifikasi tinggi) dengan ketuntasan sebesar 78,13%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Motivasi belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Jan 2016 04:36 |
Last Modified: | 28 Jan 2016 04:36 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/230 |
Actions (login required)
View Item |