UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIIID SMP N 2 PAKEM

Iis Yuliani Dewi, 11144100055 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIIID SMP N 2 PAKEM. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Iis Yuliani Dewi.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi Luas Permukaan dan volume Prisma dan Limas siswa di kelas VIIID SMP N 2 Pakem.Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pakem pada tahun 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dan partisipatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP N 2 Pakem Semester genap tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Obyek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model kooperatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama dan kedua dilaksanakan masing-masing dalam 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan terdiri dari reduksi data, triangulasi, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan dengan rumus rata-rata dan persentase.Hasil penelitian tindakan kelas peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIIID dilihat dari nilai ketuntasan pra penelitian 52,00% dengan kategori sedang dan setelah dilaksanakan pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 69,00% dengan kategori tinggi. Pada siklus II meningkat menjadi 80,14% dengan kategori sangat tinggi. Rata-rata pra penelitian dibandingkan dengan siklus I meningkat 17. Rata-rata komunikasi matematika siklus I dibandingkan siklus II meningkat 9,76. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif yang dilakukan terlaksana 84,60% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model kooperatif dapat meningkatkan komunikasi matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Komunikasi Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 28 Jan 2016 03:29
Last Modified: 28 Jan 2016 03:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item